Beranda SENI & BUDAYA Bambu Pendongkrak Ekonomi Desa Cileduk Bekasi

Bambu Pendongkrak Ekonomi Desa Cileduk Bekasi

392
BERBAGI

Cileduk Bekasi, Jabarkabardaerah.com – Potensi masyarakat pedesaan saat ini hampir tergerus oleh zaman. Hal ini terjadi karena gaya hidup dan adat istiadat sudah tergusur oleh budaya modern yang bersifat instan. Sehingga banyak kesenian, kerajinan, dan hal yang bersifat tradisional menjadi barang langka.

Namun tidak halnya dengan beberapa pengrajin gelas dan teko dari bambu yang di prakarsai oleh seorang Alim ulama yang biasa dipanggil Ustadz Muh oleh sesama rekan dan masyarakat Desa Cileduk, Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

Niat baik dari seorang pemuda yang memiliki potensi dan kreasi tinggi ini, yang bercita-cita memajukan kesenian, kerajinan dan tradisi diwilayah Cileduk Setu Bekasi ini seharusnya dapat diapresiasi dengan baik oleh pemerintah setempat.

Team KD Jabar yang kebetulan langsung bertandang ketempat pembuatan kerajinan tersebut dan mencoba langsung hasilnya, dapat mengapresiasi bahwa ini bentuk kecintaan anak negeri pada kerajinan budaya lokal yang terkenal dengan kearifannya.

Diharapkan kerajinan bambu Desa Cileduk Setu Bekasi ini menjadi aset mahal yang dapat menjual dan mendongkrak perekonomian warga Desa Cileduk, serta kesempatan sebagai Ilmu yang dapat memperkenalkan masyarakat terutama kaum muda untuk mencintai Seni, Kebudayaan dan kerajinan lokal daerah sendiri.

( Reporter : Korwil 2 Kabupaten Bekasi )