3000 Warga Kec. Sukabumi Meriahkan Pawai Dongdang Hari Jadi Kab. Sukabumi

JABAR.KABARDAERAH.COM . SUKABUMI — Pawai Dongdang menjadi primadona kemeriahan peringatan hari jadi ke 152 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Sukabumi, Sabtu (17 September 2022 ). Pawai dimulai dari Grand Lapalma dan berkahir di Lapang Parkir Elmitra Selabintana.

Kurang lebih 3000 orang masyarakat setempat hadir dalam parade makanan hingga hasil bumi yang ditampilkan dalam budaya Sunda. Ada 37 dongdang serta kendaraan hias roda dua dan roda empat dalam perhelatan tersebut

Sejumlah warga dari beberapa keRWan menampilkan kreativitasnya masing-masing dalam menghias kendaraan hingga wadah bawaan dengan pernak pernik yang nyentrik, menarik dan instagramable.

Camat Sukabumi Gin gin Ginanjar Permana,S.STP, mengatakan bahwa Pawai Dongdang merupakan Rangkaian kegiatan Hari jadi ke 152 Kabupaten Sukabumi yang ditampilkan dari masing-masing Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukabumi.

“Masing-masing kelompok warga menampilkan keunikannya dalam menghias apa yang dibawa, ini merupakan salah satu strategi menjaga budaya sunda dan mengenalkannya kepada masyarakat terutama kaum milenial di kecamatan Sukabumi,” terangnya.

Gin Gin berharap pawai dongdang menjadi event tahunan dan menjadi ikon kecamatan sukabumi yang pelaksanaanya selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat.

Lebih lanjut Camat Sukabumi Mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan antara lain forkopimcam, Para Kepala Desa, PGRI, OKP, Ormas, tokoh masyarakat dan unsur lainnya.

Pihak panitia akan melakukan penilaian dengan menitikberatkan pada partisipasi atau keterlibatan masyarakat dengan indikator penilaian pada keunikan desain.

Sementara itu, unsur panitia penyelenggara, Iwan R Gardika menjelaskan, kegiatan tersebut selain untuk menguatkan rasa cinta terhadap Kab. Sukabumi juga untuk mengangkat kembali budaya sunda sehingga tetap menjadi idola khususnya di kawula muda.

” Rangkaian kegiatan hari jadi dimulai lomba gerak jalan santai, Kemping Gugus tugas Pramuka , Penanaman Pohon, lomba baris berbaris linma, lomba dongdang, Lomba Tumpeng PGRI dan besok acara puncaknya tanggal 18 September 2022,” jelasnya.

(Asep SH)