DAERAH  

Dalam Rangka Hari Mangrove Sedunia, Himpunan Alumni IPB Gelar Tanam Pohon Mangrove

INDRAMAYU  . JABAR.KABARDAERAH.COM РKomisariat Daerah Himpunan Alumni Fakultas dan Lingkungan Ikatan Pertanian Bogor (KOMDA HAE-IPB) dan Dinas Perhutanan Jawa Barat bersama PLN gelar Tanam Pohon Mangrove dalam Acara Hari Mangrove Sedunia di Pantai Tegal Agung desa Benda Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023).

Dalam kegiatan ini hadir, wakil gubernur Jawa Barat, Kementerian Kehutanan diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan hidup, Dinas Kehutanan, Bupati Indramayu Nina Agustina, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perikanan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kelautan, Dinas Perikanan Jawa Barat divisi regional Perhutani.

Menurut Ketua Komda HAE Jabar Umad Muhamad mengatakan,” Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dari Komisariat Daerah, Himpunan Alumni Kehutanan dan lingkungan Jawa Barat,” katanya.

Lebih lanjut, dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia tahun 2023 yang jatuh di tanggal 26 Juni dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat yang dalam hal ini diwakili oleh wakil gubernur Uu Rujanul Ulum,” kata Umad Muhamad.

Umad Muhamad menambahkan, Nah mengapa bisa diadakan kegiatan ini?
“Ya’ kita kan tadi ingin pertama ingin melestarikan ekosistem pantai ya dalam ini adalah salah satunya ekosistem mangrove. Karena mangrove ini kan kita jadikan sebagai perisai pantai ya untuk menahan abrasi,” ucapnya.

“Jadi bukan hanya pemecah ombak saja yang kita gunakan di pantai pantai, tetapi juga tanaman hidup yang itu bisa terus menerus hidup kalau dipelihara dan menjadi. Penahan ombak.gitu ya untuk terjadinya abrasi maupun, Intrusi air laut “.

“Acara kegiatan Alhamdulillah lancar dan tadi pak sekjen dan Plt Gubernur Jawa Barat juga sangat terkesan. Dan itu menambah semangat bagi kami Komisariat Daerah Himpunan, Alumni Fakultas Kehutanan dan lingkungan,” kata Umad Muhamad.

University untuk terus berkiprah dalam rangka ikut membangun Jawa Barat melalui bidang lingkungan hidup dan kehutanan akhir harapan.

“Harapan saya memang kegiatan ini perlu di perluas daerah daerah lain di Jawa barat ya bukan hanya di Indramayu. Ini sebagai momen awal saja di sini nanti kita akan coba kembangkan ke.daerah daerah atau Kabupaten yang memiliki potensi mangrove di pantainya seperti itu,” pungkasnya. (Mutadi)