DAERAH  

Hari Anak Nasional, Bupati Sukabumi Ikut Bergembira Bersama Anak-anak

JABAR.KABARDAERAH.COM . SUKABUMI — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi memperingati Hari Anak Nasional dengan menyuguhkan sejumlah kreasi anak. Kegiatan tingkat Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Komplek Gelanggang Pemuda Cisaat ini, dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Kamis (11/8/2022).

Kreasi anak yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut antara lain tarian dan permainan tradisional, pengenalan alat pemadam kebakaran kepada anak, hingga lomba mewarnai. Bahkan, H. Marwan pun ikut serta bermain sondah yang merupakan permainan tradisional.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk berupaya menjamin pemenuhan hak anak. Tentu saja, sebagai perwujudan dari Kabupaten Layak Anak yang dianugerahkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Tak kalah penting, anak juga harus memeroleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya,” ujarnya.

Bahkan, Pemkab Sukabumi berupaya semaksimal mungkin menjadikan daerah terluas ke dua se Jawa dan Bali ini menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

“Kami juga ada Forbumi (Forum Barudak Sukabumi) yang diyakini mampu menguatkan peran dalam menyiapkan Kabupaten Sukabumi menjadi tempat yang aman dan nyaman,” ucapnya.

Maka dari itu, H. Marwan mengajak semua pihak untuk bersinergi melindungi serta memenuhi hak anak. Sehingga, anak-anak di Kabupaten Sukabumi berdaya dengan karakter yang kuat dan berkualitas .

“Mari kita berikan layanan terbaik
untuk anak-anak kita,” ungkapnya.

Bupati juga menegaskan anak merupakan aset berharga bangsa yang harus dilindungi dan dibentuk karakternya. Sehingga, mampu tumbuh menjadi manusia unggul dan berkarakter.

“Anak-anak ini akan menjadi generasi emas yang memegang peranan strategis di Indonesia ke depannya,” bebernya.

Kepala DP3A Eki Radiana Rizki mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk menghormati dan melindungi anak. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas anak.

“Semua itu demi terwujudnya kualitas anak yang berkarakter sebagai generasi penerus bangsa,” terangnya.

Dirinya bersyukur, kegiatan ini dapat berjalan lancar. Hal itu berkat dukungan berbagai stakeholder.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar berkat dukungan semua pihak,” bebernya.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan juga pelantikan Forum Anak Daerah Kabupaten Sukabumi periode 2022-2024.

Bupati Sukabumi pun memberikan sejumlah penghargaan kepada berbagai pihak diantaranya pemberian bantuan kursi roda kepada anak yang membutuhkan. (Asep SH)